Home » » Membuat Game Quiz Tehcno Pada Construct2

Membuat Game Quiz Tehcno Pada Construct2

Written By fvfvdv on Thursday, July 10, 2014 | Thursday, July 10, 2014

Selamat malam sobat, sekarang saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah game Quiz menggunakan Construct 2, Untuk memulai atau membuat sebuah game kita diperlukan sebuah konsep game apa yang akan kita buat, dan kita juga harus menguasai bahasa pemrograman tertentu, tetapi tmen2 tenang aja karena pada construct2 ini kita tidak akan di hadapkan dengan masalah coding jadi kita membuat game hanya perlu membuat sebuah konsep, mendesain tampilan gambar objectnya saja dan yang paling penting kita harus menguasai softwarenya terlebih dahulu.


Untuk tmen2 yang blm punya software construct2 nya silahkan masuk disini.

Sebenarnya game yang saya buat game sederhana, yaitu game quiz yang dimana kita hanya perlu menjawab soal-soal yang telah kita masukan pada game tersebut dan pada akhir finish kita bisa menghitung nilai scorenya berapa .

Ok langsung saja kita praktikan
Untuk memulainya kita perlu sebuah object/gambar seperti background game, sound game,dll supaya kita tidak kebingungan kita susun atau buat folder masing masing level supaya kita tidak ribet saat memasukan objectnya kedalam construct2, contoh seperti dibawah ini :
1. Apabila tmen2 sudah mempunyai software construct2nya maka Kita buka software construt2 nya, pada menu file kilik new project , lalu pilih create windows 8 game .lalu klik open

2.kita pergi ke page properties kita setting layout size untuk game, karena kita akan membuat game untuk windows 8 maka resulusinya yaitu 1366x768, lalu kita ubah nama projecnya menjadi Quiz Techno, dan kita setting seperti pada gambar dibawah ini

3.Kita tinggal memasukan satu persatu object sprite yang telah kita buat, sebelum kita memasukan sebuah objectya kita buat dulu layout sebanyak yang kita mau guna untuk menampung setiap pertanyannya, caranya klik pada projecnya lalu add layout, terus kita buat evensheetnya caranya klik kanan pada event sheet lalu add event sheet. sesauikan seperti pada gambar dibawah ini


4.Pada halaman layout kita perlu memasukan sebuah object sprite seperti background, cara main,object play, object about kita tinggal masukan saja drag gambar tersebut kedalam layout seperti gambar dibawah ini:



Tambahkan atau import sound yang telah kita sediakan, caranya masuk ke project, cari sound lalu klik kanan , pilih import sound, cari dimana sound kita disimpan lalau ok, lalu klik import.


















Oh ya kita set eventsheetnya ke layout juga, supaya kita tidak kebingungan dan jangan lupa kita buat variable music dan score, variable music untuk mengatur suara backsound supaya soundnya tidak acak-acak, untuk variable score kita bikin variable global yah karena akan dipakai sebagai score nilai quiz


5. masukan object background gambar ke layout caramain,about,finish. kita tinggal masukan gambar aja karena gambar atau objectnya telah disediakan lalu ketiganya kita sheet eventsheetnya ke finish.







Kita masuk ke layout finish, kita perlu text untuk menampilkan hasil akhir nilai scorenya maka kita masukan object text nilai ke layout finish, contoh seperti gambar dibawah ini :


Lalu kita setting pada evensheet finishnya sepeerti gambar dibawah ini :

6. yang terakhir kita akan masukan object pada layout1-layout20, itu artinya kita bikin soal quiz sesaui level, karena kita sudah memerpsiapkan objectnya dan menyusun nya jadi kita tidak perlu ribet lagi , kita setting event sheet pada layout1-layout8 ke event sheet 1-8, setting event sheet pada layout9-layout15 ke event sheet 9-15, dan sisanya kita setting ke event sheet 16-20.

Pada layout1 kita tambahkan object background, jawaban a1,b1,c1,d1 itu artinya adalah jawaban quiz kita, logikanya jika kita menekan object a1/b1/c1/d1 maka kita akan pergi ke level selanjutnya atau layou2, kita setting jawaban mana yang benar, bila memilih jawaban yang benar maka kita tambahakan nilai ke variable score 5 lalu lanjut ke level selanjutnya.

Untuk level selanjutnya atau layoutnya sama aja kita tingal setting seperti langkah diatas

Selamat mencoba!,
Mungkin itu ilmu yang saya punya apabaila ada kekurangan mohon dimaklumi, saya masih dalam tahap belajar J





Lalu kita setting pada
Share this article :

+ komentar + 15 komentar

August 22, 2014 at 6:39 PM

nice gan, bagi video tutorialnya dong plis buat tugas nih

August 22, 2014 at 7:40 PM

hemm coba d youtube banyak gan

September 9, 2014 at 12:14 PM

hmmm udh ku download aplikasinya
bolesh share file capx gan
#serius ane mau belajar ^^

February 17, 2015 at 5:53 PM

tak faham

July 8, 2016 at 12:54 AM

mas boleh ditunjukin caraa bikin quis nya, nentuin jawaban yang benernyaa jugaa..


kurang jelas dibagian akhirnyaa,,,|

mohon pencerahanyaaa

August 14, 2016 at 6:30 AM

Masih belum jelas gan, bagian akhir, trims

August 26, 2016 at 11:23 PM

bacanya jadi puyeng. ga jelas

January 9, 2017 at 7:30 AM

gan tolong sertain video atau file capx nya, penjelasan di atas terlalu simple dan agak kurang detil di pahami.
THX gan. :)

March 31, 2017 at 2:29 AM

gan tolong diperjelas saat penambahan skornya, ketika klik jawaban akan menuju level selanjutnya dan bila mana jawaban benar maka nilai/skor menambah, tampilan event sheet nya bagian tersebut bagaimana, tolong pencerahannya, terimakasih

January 3, 2018 at 6:33 AM

puisng gam, mohon jelaskan lebih rinci lagi, padahal ilmu ini sangat bermanfaat

June 2, 2019 at 7:29 AM

Bgmana cara memasukkan butir soal y?

June 2, 2019 at 7:30 AM

Bgmana cara memasukkan butir soal y?

June 2, 2019 at 7:31 AM

Bgmana cara memasukkan soal y?

June 2, 2019 at 7:31 AM

Bgmana cara memasukkan soal y?

July 15, 2019 at 5:59 AM

permisi mau nanya itu di pict bagian eventsheet finishnya di yang pertama bacaannya apa ya? set text to "" ..... mohon informasinya min

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Adi Rahman Soft - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger